WELCOME

Jumat, Februari 24, 2012

UIN Suska Riau Inovasi Baru

IAIN Suska atau sekarang yang dikenal dengan UIN SUSKA Riau telah melahirkan berbagai inovasi baru dilingkungannya sayangnya belum terorganisasi dengan baik sehingga kurang dikenal oleh masyarakat. namun itu tidak menyurutkan langkah mahasiswa-mahasiswa dalam berkarya...
Syuting televisi secara live di areal parkir tepat di depan komplek Islamic Center UIN Suska. Layaknya para jurnalis televisi, mereka mewawancara narasumber dan pengunjung dan hasilnya bisa langsung dilihat di layar televisi seukuran 29 inci.

Mereka adalah bagian dari kontestan UIN Suska Ekspo 2011 mewakili Ilmu Komunikasi UIN Suska yang ikut meramaikan gelaran tahunan tersebut. Lengkap dengan peralatan seperti kamera, foto, juga perangkat komputer, plus kartu identitas media, hampir tidak ada bedanya dengan para profesional media.

Namun, mereka baru sebagian kecil dari peserta pameran di area itu yang jumlahnya sekitar 35 stand. Ada Perpustakaan UIN yang menampilkan teknologi manajemen perpustakaan modern berperangkat Multy Purpose Station (MPS), Lembaga Penelitian UIN yang menampilkan sejumlah penelitian tentang peradaban islam di sejumlah daerah di Riau, termasuk beberapa negara tetangga, Fakultas  Syariah dan Hukum dengan perangkat teleskop modernnya.

Di sana juga ada perangkat teknologi ramah terapan rumah tangga, robot sains, inkubator pengatur suhu, mikromotor, juga desain pendirian pabrik yang ditampilkan Fakultas Sains dan Teknologi, atau teknologi pengolahan makanan yang dikelola oleh Fakultas Pertanian dan Peternakan, pameran fotografi serta banyak lainnya.

Mahasiswa UIN Suska lainnya juga tidak mau ketinggalan kita lihat saja di Fakultas Sains dan Teknologi mahasiswa jurusan Teknik Industri (TI) semester tiga mengadakan perlombaan memasak kue bolu menggunakan kompor matahari. Kegiatan ini, dalam rangka Ujian Akhir Semester (UAS), mata kuliah pengetahuan energi tahun 2011, Kompor matahari ramah lingkungan tersebut merupakan hasil rakitan dari mahasiswa. Kompor tersebut menggunakan cahaya matahari untuk menghasilkan panas. Salah seorang mahasiswa yang mengikuti perlombaan. Fungsi kompor tersebut sama seperti oven. Terbuat dari cermin, aluminium foil, flat, papan, dan kardus. Cara membuatnya sederhana. Papan dirangkai sehingga berbentuk kotak atau bentuk parabola. Setiap sisinya dilapisi aluminium foil atau cermin. Gunanya untuk memantulkan cahaya matahari.

Dengan penemuan tersebut dengan harapan mahasiswa bisa memberikan kontribusi kepada masyarakat. “Karena mahasiswa adalah generasi penerus.

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar