WELCOME

Selasa, Januari 11, 2011

Umur Makin Tinggi : Anak Kurus dan Gemuk Menurun, Anak Gizi Kurang dan Anak Pendek Meningkat?

Umur Makin Tinggi : Anak Kurus dan Gemuk Menurun, Anak Gizi Kurang dan Anak Pendek Meningkat?

Jakarta, 5/1 – GIZINET. Riset Kesehatan Dasar yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan pada tahun 2010 (Riskesdas 2010) telah usai. Para peneliti yang telah dikerahkan untuk menuntaskan karya besar tersebut telah kembali ke meja masing-masing, tentunya sambil menarik napas panjang karena telah lepas dari tugas awal yang cukup berat. Meski selanjutnya masih ada tugas lanjutan di depan mata.

Salah satu hasil karya yang penting dari Riskesdas 2010 adalah Status Gizi Balita. Dibandingkan dengan hasil Riskesdas 2007, prevalensi Balita Gizi Kurang (menggunakan indeks BB/U dibawah –2 Z Score) menurun, dari 18,4% menjadi 17,9%. Tingkat penurunan sebesar 2.8%.
Ada yang perlu kita perhatikan pada hasil Riskesdas 2010, yaitu status gizi pada ketiga indeks yang berada di bawah –2 Z Score, dibagi menurut kelompok umur : < 6 bulan, 6 – 11 bulan, 12 – 23 bulan, 24 – 35 bulan, 36 – 47 bulan, dan > 47 bulan. Perhatikan Gambar di atas, yang diambil dari makalah Seminar Sosialisasi Riskesdas 2010 bulan Desember lalu.
Balita Gizi Kurang (pada Gambar tertulis BB/U Kurang) tampak ada kecenderungan semakin tinggi usia semakin tinggi prevalensinya; meski pada kelompok >47 bulan lebih rendah dari kelompok di bawahnya. Kondisi serupa tampak pula pada Balita Pendek (TB/U Pendek).
Kondisi kecenderungan seperti itu tampak berbeda pada Balita Kurus (BB/TB Kurus) dan Balita Gemuk (BB/TB Gemuk).  Semakin tinggi kelompok umur semakin rendah prevalensinya.
Apakah semakin rendahnya prevalensi Balita Kurus dan Balita Gemuk pada kelompok umur yang lebih tinggi, berkaitan dengan makin tingginya prevalensi Balita Gizi Kurang dan Balita Pendek pada kelompok umur yang lebih tinggi?
Belum ada penjelasan tentang fenomena ini. Barangkali saat ini para peneliti sedang mengolah datanya untuk menyampaikan kepada kita tentang “penampakan” tersebut. Kita yakin bahwa peneliti sedang terus mengkaji apa yang ada dibalik kondisi tersebut.  (GIZINET)


Kunjungi : Blog, Bola, Facebook, Kesehatan, Iptek, SEO

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar