WELCOME

Rabu, Januari 19, 2011

Teknik Relaksasi Pencegah Uban

bodywonders.com

Teknik Relaksasi Pencegah Uban TIDAK hanya sebagai penanda bertambahnya usia, rambut beruban juga bisa disebabkan berbagai faktor, salah satunya stres. Itu merupakan faktor utama timbulnya uban di usia dini. Lalu bagaimana mencegahnya? Anda bisa mencoba teknik relaksasi.

Faktor lain yang menyebabkan timbulnya uban pada usia muda yakni kekurangan vitamin B12 dan faktor keturunan. Adapun faktor stres menyebabkan terhambatnya produksi pigmen rambut yang bernama melanin. Pigmen ini dihasilkan sel tubuh yang dikenal sebagai melanosit. Rambut berubah warna menjadi putih karena melanosit tidak mampu lagi memproduksi melanin.
Namun, tenang saja, terhambatnya produksi pigmen biasanya bersifat sementara. Bila stres sudah mereda, produksi pigmen akan berjalan seperti biasanya. Tapi hal itu tak berlaku bila penyebabnya adalah kekurangan vitamin B12 atau keturunan. Ada banyak cara untuk meredakan stres dan mencegah timbulnya uban, salah satunya yakni dengan teknik relaksasi.

Adapun teknik relaksasi merupakan suatu proses pembebasan diri dari segala macam bentuk ketegangan otot dan pikiran. Teknik ini berbentuk terapi dengan menginstruksikan seseorang beberapa bentuk gerakan yang tersusun secara sistematis guna merileksasikan otot. Semua itu bertujuan mengembalikan kondisi dari keadaan tegang menjadi rileks sehingga tercipta perasaan yang tenang dan nyaman.

Anda ingin mencobanya sendiri? Cobalah langkah berikut:

Berbaring di lantai yang sudah diberi alas. Pastikan tubuh tidak terlalu tegang sehingga tidak menghambat alur oksigen atau darah. Buka sedikit kaki Anda dan letakkan tangan di sisi tubuh dengan telapak menghadap ke atas. Saat menarik napas, kencangkan otot pada bagian-bagian tubuh Anda dan tahan hingga beberapa hitungan. Saat mengembuskan napas, lepaskan otot yang mengencang tersebut. Dimulai dari kaki, bokong, perut, dada, lengan, tangan, pundak, leher, hingga wajah secara bergantian. Bila telah terbiasa, Anda akan sadar ketegangan pada otot-otot di tubuh akan berkurang. (Pri/OL-06) 
 

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar