WELCOME

Selasa, Januari 11, 2011

SEO Masih Menjadi TOP Taktik Digital Marketing Terbaik 2011

Apakah kita sudah puas dengan pencapaian kampanye digital marketing yang telah kita lakukan di tahun 2010? Lalu rencana digital marketing apa yang akan Anda terapkan tahun depan? Berdasarkan polling yang dilakukan oleh beberapa perusahaan online marketing besar, terdapat sebuah kesimpulan yang bisa diambil. Ada 3 online marketing channel dan taktik yang bisa Anda terapkan di 2011. Apa saja? Jawaban teratas bukan social media dan bukan pula email marketing. Melainkan: Taktik digital marketing terbaik untuk 2011 adalah Search Engine Optimization. Polling tersebut menghadirkan 44 jawaban berbeda yang bisa dipilih oleh peserta, mulai dari display advertising hingga spam. Lebih dari 200 pembaca berpartisipasi pada proses jajak pendapat tersebut. Saat banyak pertanda yang menjadi indicator bahwa budget marketing mulai pulih setelah digempur krisis financial global tahun lalu, banyak pelaku pemasaran yang masih focus untuk merencanakan langkah-langkah dan strategi marketing secara online yang paling efektif dan efisien untuk tahun 2011.

Kita berharap agar respon yang didapat dari jajak pendapat tersebut dapat membantu mereka (pelaku marketing) untuk menentukan pilihan kemana rencana budget dan strategi marketing mereka di alokasikan tahun depan.
Respon terbesar pada survey tahun ini merefleksikan pandangan terhadap analisis secara keseluruhan termasuk pencarian (search), social media, iklan (advertising), konten dan surel alias email. Saat social media marketing terus mendapatkan exposure dan mendulang perhatian dari berbagai media serta perusahaan-perusahaan (yang bersedia menambah budget untuk investasinya- $1.2 milyar di 2011, Forrester), search marketing (PPC dan SEO) terus berada di puncak share digital marketing ($20.7 milyar di 2011, Forrester).
Pemain baru yang masuk ke dalam daftar 10 teratas tahun ini adalah content marketing yang merupakan refleksi dari peningkatan kesadaran akan pentingnya menyediakan sesuatu yang lebih dari sekedar produk atau layanan dan keuntungan untuk pelanggan agar mereka tertarik untuk membelinya. Konten adalah perekat di antara SEO dan Social Media. Konten kerap menjadi sumber interaksi sosial di dunia online dan konten juga dapat di-share dan di-link, sehingga mendongkrak visibilitas yang berhubungan dengan pencarian (search). Jangan terkejut jika nanti Anda melihat Content Marketing akan melonjak naik di daftar peringkat tahun depan. Berdasarkan laporan Content Marketing Spending yang dilansir Junta42, 59% pelaku marketing yang disurvey berencana untuk meningkatkan budget content marketing.
Beriklan lewat Pay Per Click dan Social Media memang cukup bagus, namun sangat tergantung kepada budget. Mungkin bisa dianalogikan seperti topik dari sebuah Online Marketing Blog yang kurang focus kepada iklan (advertising) ketimbang Search Marketing, Social Media, Content Marketing dan Online PR.  Camkan, hasil dari polling ini yang merupakan refleksi dari perhatian 232 responder bukan cerminan untuk digeneralisasi secara lebih luas. Namun, bisa menjadi masukan yang sangat berarti.  Mengingat Online Marketing Blog kerap dinilai baik sebagai sebuah blog pemasaran dan memiliki pembaca yang signifikan dalam komunitas pemasaran.
Apakah Search Engine Optimization, Social Networking dan Blogging masuk menjadi taktik pemasaran digital utama Anda untuk 2011? Jika tidak, strategi apa yang akan Anda terapkan?


Kunjungi: Blog, Bola, Kesehatan, SEO, Facebook, Iptek

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar