WELCOME

Selasa, Januari 11, 2011

Pelantikan Pejabat Direktorat Bina Gizi


BERPOSE BERSAMA DIRJEN DAN DIREKTUR
Jakarta, GIZINET — Kamis (6/1) pukul 13.00 WIB, bertempat di Auditorium Prof Dr. G.A. Siwabessy, Gedung Kementerian Kesehatan, Kuningan Jakarta Selatan, telah dilantik sejumlah pejabat struktural di lingkungan Direktorat Jenderal Bina Gizi dan KIA, Kementerian Kesehatan RI.
Direktorat Bina Gizi adalah salah satu dari lima Direktorat di Ditjen Bina Gizi dan KIA, yang sebelumnya bernama Direktorat Bina Gizi Masyarakat. Perubahan tersebut berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 1144/MENKES/PER/VIII/2010 tentang Struktur Organisasi dan Tata Kerja Kementerian Kesehatan.

DIRJEN MEMBACAKAN NASKAH PELANTIKAN
Pejabat struktural yang dilantik oleh Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA dari lingkungan Direktorat Bina Gizi berjumlah 16 orang yaitu :
1)          Kepala Subdirektorat Bina Gizi Makro, Ir. M. Nasir, MKM
2)          Kepala Subdirektorat Bina Gizi Mikro, Ir. Hj. Itje Aisyah Ranida, MKes.
3)          Kepala Subdirektorat Bina Gizi Klinik, dr. Hj. Sulastini, MKes.
4)          Kepala Subdirektorat Bina Konsumsi Makanan, Iip Syaiful, SKM MKes.
5)          Kepala Subdirektorat Bina Kewaspadaan Gizi, Ir. Eman Sumarna, MSc.
6)          Kepala Sub Bagian Tata Usaha, Mahmud Fauzi, SKM, MKes
7)          Kepala Seksi Standardisasi Bina Gizi Makro, Dhian Proboyekti, SKM, MA.
8)          Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Bina Gizi Makro, Entos, SP, MPHM.
9)          Kepala Seksi Standardisasi Bina Gizi Mikro, Ir. Titin Hartini, MSc.
10)      Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Bina Gizi Mikro, Ir. Andry Harmany, MKes.
11)      Kepala Seksi Standardisasi Bina Gizi Klinik, Djasmidar A.T., SKM, MKes.
12)      Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Bina Gizi Klinik, Suroto, SKM, MKM.
13)      Kepala Seksi Standardisasi Bina Konsumsi Makanan, Lucia Veronica Pardede, SKM, MSc.
14)      Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Bina Konsumsi Makanan, Ir. Mursalim, MPH.
15)      Kepala Seksi Standardisasi Bina Kewaspadaan Gizi, Pujo Hartono, MPS.
16)      Kepala Seksi Bimbingan dan Evaluasi Bina Kewaspadaan Gizi, Galopong Sianturi, MPH.
DIR BINA GIZI SBG SAKSI
Dari nomenklatur struktur organisasi, nama subdirektorat (subdit) di lingkungan Direktorat Bina Gizi tidak ada perubahan. Akan tetapi ada perubahan pada Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) pada dua Subdit yaitu Subdit Bina Gizi Klinik dan Subdit Bina Konsumsi Makanan. Hanya ada dua personil yang bertukar posisi, yaitu Mahmud Fauzi dan Pujo Hartono.
Berdasarkan Permenkes tersebut, Subdit Bina Gizi Klinik sekarang memiliki tupoksi tambahan, sehingga tugas pokoknya berubah menjadi : “Subdirektorat Bina Gizi Klinik mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, dan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta bimbingan teknis, evaluasi dan penyusunan laporan di bidang bina gizi klinik dan dietetik.” Dengan demikian regulasi tentang Dietetik mulai saat ini menjadi tanggungjawab dan tugas pokok Subdit tersebut.
Subdit Bina Konsumsi Makanan sekarang memiliki tupoksi tambahan sehingga tugas pokoknya berubah menjadi : “Subdirektorat Bina Konsumsi Makanan mempunyai tugas melaksanakan penyiapan bahan perumusan dan pelaksanaan kebijakan, dan penyusunan norma, standar, prosedur, dan kriteria, serta bimbingan teknis, evaluasi, dan penyusunan laporan di bidang bina konsumsi makanan dan jasa makanan.” Artinya, mulai saat ini Subdit tersebut mempunyai beban tanggungjawab tambahan dalam kebijakan dan regulasi tentang jasa boga.
Perlu digarisbawahi adalah diantara pesan-pesan arahan Direktur Bina Kesehatan Masyarakat seblaku Direktur Jenderal Bina Gizi dan KIA, dr. Budihardja, DTM&H, MPH, yaitu Tugas dan Pekerjaan Pejabat saat ini berorientasi kepada Output, bukan lagi kepada anggaran dan realisasinya.  Demikian juga adanya penegasan bahwa sekarang unit kerja Direktorat merupakan unit kerja yang benar-benar sebagai Unit Teknis, karena tugas-tugas yang bersifat administratif akan segera dialihkan kepada unit fungsional, seperti misalnya kegiatan Pengadaan Barang.
Sesaat setelah selesai pelantikan, Direktur Bina Gizi langsung mengadakan “briefing” kepada para terlantik untuk pengarahan teknis menyongsong tahun anggaran 2011. (Tim Teknis GIZINET)

Kunjungi : Iptek, Olahraga, Facebook, Blog, Kesehatan

Reactions:

0 comments:

Posting Komentar